Senin, 02 Januari 2012

How to Make a Danbo

Cara membuat sebuah Danbo

Papercraft adalah seni untuk membuat sebuah objek dengan menggunakan kertas, biasanya objek yg dihasilkan berbentuk 3D misalnya mobil, motor, kendaraan tempur, tokoh2x, binatang, anime, rumah dll. Papercraft bisa dibilang pengembangan dari origami, origami yang kebanyakan hanya melipat menggunakan 1 kertas, sedangkan papercraft memerlukan lebih dari 1 kertas tergantung dari objek yang akan dibangun, dan proses pembangunannya cukup memerlukan kesabaran dengan memotng kertas, menempel antar  komponen satu dng komponen yang lainnya.

Kebetulan dulu aku mengenal papercraft saat main ke kosan temen kuliah. Di kamarya banyak berbagai jenis papercraft dan aku jadi ingin mencoba membuatnya juga. Lalu aku browsing internet dan mencoba membuat papercaft, ternyata mudah :)

Saat zaman-zamannya Photo Profil banyak yg bergambar Danbo (tokoh mainan terbuat dari kardus yang berasal dari Jepang). aku berinisiatif ingin membuat Danbo Papercraft. setelah aku browsing di internet ternyata ada dua jenis danbo. Danbo yang tangan, kaki, kepalanya bisa digerakkan dan yang tidak.

Aku mencoba yang bisa digerakkan kepala, tangan dan kakinya. ku print di A4 hard paper lalu mulai kukerjakan di rumah. Cukup rumit untuk menyelesaikan ini, butuh kesabaran dan sampai setelah 5 jam berkutit dengan mainan kertas ini akhirnya selesai juga.

Tingkat kerumitan, detail dari objek yang dibangun termasuk peralatan dan bahan menentukan proses pengerjaan sebuah papercraft, tentunya ada satu faktor yang sangat mempengaruhi yaitu kesabaran. Membuat papercraft bukan merupakan kegiatan yang sia-sia, ngga ada kerjaan (dah jelas lg kerja kok bs dibilang ngga ada kerjaan), tapi merupakan sebuah kegiatan yang dapat dibilangkan seni malah biasanya menjadi hobi, selain mengasah kemampuan kita dalam merakit, mengasah ketelitian dan kesabaran. Dan pastinya klo sudah selesai membuatnya ada rasa KEPUASAN BATIN, meskipun hasilnya blom 100% rapi, so namanya juga belajar sedikit-sedikit diperbaiki.

Alat-alat yang diperesiapkan :
  1. Lem UHU yang padat.
  2. Kertas A4 pastinya untuk pola (Yang bagus pake kertas yg 120 grm keatas biar melipatnya mudah, contohnya kertas foto atau karton tipis), kata temenku pake kertas ivory yg tingkat kekakuannya sosok buat papercraft, bisa dibeli di toko kertas.
  3. Gunting, cutter
  4. Alat untuk menekan2x (lidi, besi klip, tusuk sate).
  5. Penggaris (untuk merapikan lipatan)
  6. Dan download bahan papercraft danbo di bawah ini.

Dan bisa melihat video youtube 'how to make danbo' yang membantu menyelesaikan Danbo.
SELAMAT MENCOBA :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar